Membuat meja lipat dengan kabinet untuk anak atau untuk lainnya [DIY weekend Project]


astudioarchitect.com Dalam kesempatan kali ini kami memberikan tips untuk membuat lemari piala meja bar yang bisa ditempelkan di tembok dan bila tidak dipakai bisa ditutup kembali. Proyek akhir pekan ini sangat sesuai bagi anda yang memiliki anak dengan kamar tidur yang terlalu sempit untuk dibuatkan meja belajar yang khusus. Dengan membuat meja yang bisa dilipat ala meja bar kecil ini mungkin bisa menyelesaikan masalah bagi Anda yang memiliki ruangan terlalu kecil namun harus menyimpan buku buku serta menggunakannya untuk meja. Jadi pada saat tidak digunakan mejanya bisa dilipat dan buku bukunya bisa dikembalikan ke Jalan Merak untuk ditutup menjadi sebuah kabinet yang tidak terlihat. Dalam contoh yang ada di foto ini memang digunakan sebagai meja untuk menyimpan minuman. Karena itu jangan melihat minumannya tapi lihatlah idenya karena bisa dipakai sebagai meja belajar anak yang bisa dilipat.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


varian cara memasang engsel. Untuk contoh diatas merupakan engsel yang panjang dan tipis dengan banyak lubang sekrup. 

Baiklah untuk memulainya Mari kita menggunakan langkah-langkah sebagai berikut.

1 bahan bahan yang digunakan adalah relatif sederhana, kita memerlukan setidaknya 1 lembar multiplex ukuran ketebalan 9 MM untuk ukuran minimalnya. Bila anda ingin menggunakan multiplex dengan ketebalan satu koma tiga centimeter atau lebih akan lebih baik lagi. Berikut ini bahan-bahan lengkapnya:

Satu lembar multiplex, dua buah engsel, sebuah pengunci untuk membantu mengunci pintu atau lembar meja pada saat ditutup. Anda juga akan membutuhkan lem kayu dan sekrup, serta jangan melupakan atau plitur kayu sesuai yang diinginkan.

Peralatan yang digunakan antara lain klem kayu, bor, obeng, kertas amplas atau mesin amplas.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
2 merencanakan meja
Untuk benar benar yakin bahwa ukurannya sudah benar, kita bisa menggunakan model dari kardus untuk membuat ukuran awal dari desain meja belajar lipat kita. Model ini juga bisa digunakan untuk memeriksa bagaimana konstruksi meja nantinya, dimana memasang engsel, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa tebal buku biasanya tidak lebih dari 30 cm sehingga kita bisa membuat bagian dalam dari meja lipat tersebut dengan ketebalan 30 cm. Buatlah sebuah model dari kardus atau Gambarlah dengan baik desain tersebut sehingga Anda benar benar yakin.

Untuk ukuran yang akan terasa nyaman, Buatlah ketebalan bagian dalam kotak 30 cm sesuai dengan ukuran maksimum buku yang sudah saya sebutkan tadi, kemudian buatlah agar lebarnya 60 cm yang akan terasa pas untuk anak kecil belajar. Tentu saja Anda juga bisa membuat lebarnya lebih dari itu misalnya 1 M atau sesuai dengan tempat yang tersedia di dalam kamar. Adapun untuk lebar keluar dari meja bisa dibuat sekitar 40 atau 50 cm sehingga ini juga akan mempengaruhi ketinggian dari kabinet atau kotak penyimpanan buku tersebut.

3 konstruksi kabinet

Buatlah sebuah konstruksi kabinet seperti dalam foto ini. Anda juga bisa melihat contoh paling atas untuk melihat jenis konstruksi yang berbeda. Langkah awal adalah membuat bingkai terluar dari kota kabinet kemudian mengisinya dengan bilah bilah papan yang sesuai. Anda bisa mengandalkan mengukur pada saat bingkai terluar sudah dipasang. Meskipun demikian akan lebih baik apabila direncanakan dengan gambar di awal.  Jangan lupa untuk mengecat setelah melakukan proses Amplas. Berikan Warna atau lapisan plitur yang sesuai dengan keinginan Anda.

4  pemasangan pintu atau bisa disebut juga daun meja

pemasangan daun pintu harus dibuat hati hati karena ini adalah tahap yang terakhir sehingga diharapkan bisa rapi. Apabila anda mengerjakan sendiri ada kemungkinan memang tidak bisa benar benar rapi seperti Pekerjaan tukang yang sudah berpengalaman. Karena itu ada kemungkinan kita harus merapikan sudut sudutnya dengan cara mengamplas agar meja tersebut bisa benar benar terlihat pas. Ada dua cara memasang pintu atau daun meja, yaitu di bagian dalam kabinet atau diluar kabinet. Pilihlah satu yang paling Anda anggap kuat.

5 tahap pengecatan dan memasang pintu

tahap ini merupakan tahap yang terakhir dimana kita memasang pintu dengan engsel serta memasang penguncinya di bagian atas. Adapun untuk menahan pintu atau bagian meja kita bisa memperkuat nya dengan menggunakan tali dari bahan nylon.

Lemari seperti ini juga bisa digunakan sebagai penyimpan untuk benda benda lain seperti minuman tentunya yang tidak beralkohol dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan anda. Selamat mencoba.

___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tags generated:
Desain rumah, desain rumah minimalis, desain rumah dijual, beli desain rumah, arsitek, arsitek Indonesia, Arsitek Muda Indonesia, Arsitek Jakarta, Arsitek Bandung, Arsitek Bogor, Arsitek Malang, Arsitek Surabaya, Arsitek Bali, rumah dinding bambu, lanskap mengunakan kayu pallet, pondasi rumah, arsitektur modern indonesia, bangunan baja, bentuk rumah di lahan 6×12 m, buat motorhome indonesia, cara membuat kitchen set sendiri berbahan papan kayu, denah rumah 9×8, lampu halogen putih, arsitek, rumah minimalis, lounge room living room, furniture cafe, retail shop, hospital, restaurant, apartemen, hotel, room office, studio, insulation, stand pameran, kontraktor interior design, rumah rumah minimalis, jasa desain interior : bedroom kitchen set, desain rumah, denah rumah, rumah denah, desain denah rumah, denah desain rumah, gambar rumah, design rumah, rumah model, model rumah, design gambar rumah, gambar design rumah, desain rumah minimalis, denah rumah minimalis, arsitektur rumah, rumah arsitektur, foto design rumah, interior design, green architecture, arsitektur nusantara, arsitektur modern, arsitektur hijau, budi pradono, rumah kindah, r house, indonesia, andra matin, arsitektur, design, desain, house, architecture, jakarta, wishnutama, menarik, unik, tips, revolusi media, dsign, furniture, handcraft, netmediatama, netmedia, net media, net tv, net, trip, eskursi, mini, indonesian, gunadarma, universitas, interior, architect, rumah, home, yu sing, paulus mintarga, popo danes, ary indra, mamo, budi faisal, ridwan kamil, eko prawoto, galih widjil pangarsa, desain, rumah minimalis, rumah, arsitektur, indonesia, interior, rumah 2015, ide, dekorasi rumah, ide rumah, rumah minimalis modern, mendesain rumah, desain interior, desain interior rumah mungil, desain interior rumah idaman, desain interior rumah minimalis modern, desain interior rumah minimalis 2 lantai, desain interior rumah minimalis type 36, desain interior rumah sederhana, desain interior rumah, desain interior rumah minimalis, desain rumah kecil, minimalis, home design, ide desain, disain rumah minimalis, desain minimalis, rumah modern, rumah mewah, rumah sederhana, properti, real estate, ide minimalis, desain rumah, astudio, etnik, tropis, klasik, furniture, handcraft, rumah minimalis, desain rumah minimalis, interior rumah minimalis, denah rumah minimalis, gambar rumah minimalis, rumah idaman, design rumah minimalis, model rumah minimalis, desain rumah, wajar, seperti, modern, minimalis, konsep, dengan, mungkin, senyaman, rumahnya, menghadirkan, lidya, yeyen, artis, jika, apa, maka, beraktivitas, seharian, setelah, lelah, dan, penat, melepaskan, untuk, persinggahan, tempat, merupakan, rumah, desain ruang tamu, desain kamar mandi, desain teras rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s