Rumah dengan muka lebar (lahan 16 x 11 m) [desain siap pakai kode 011]


astudioarchitect.com Untuk sebuah rumah yang memanjang kita harus berpikir sesuai dengan pola yang ada pada lahan tersebut ruang ruang juga diatur menurut logika memanjang. Dalam hal ini ruang ruang di lantai 1 terbagi menjadi area penunjang yaitu musholah, kamar mandi dan kamar pembantu, serta ruang ruang yang digunakan oleh penghuni rumah yaitu kamar tidur, dapur, ruang keluarga, ruang makan dan ruang tamu. Sedangkan di lantai 2 penataan lebih sederhana yaitu adanya 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selamat siang pak,

Saya Rahmat, tinggal di Jakarta Selatan. Saya mempunyai lahan 16 x 11 m.
Kondisi jalan depan rumah sedikit menurun dengan perbedaan ketinggian sisi selatan lebih tinggi 0.5 m dari utara.

Rumah yang kami inginkan adalah sbb:
1. rumah 2 lantai
2. rumah menghadap arah barat
3. rumah yang asri, cukup cahaya tapi suhu tetap rendah di siang hari
4. lantai satu: ruang tamu + ruang keluarga + ruang makan + kamar tidur + kamar pembantu + mushola + dapur + carport
5. lantai dua : 1 k tidur utama (+k mandi dalam) + 2 k tidur anak + k mandi + ruang serbaguna + tempat jemur

Mohon kesediaan bapak untuk mendesain rumah dengan informasi di atas.
Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Salam,
Rahmat, Jakarta Selatan

Note: denah tanah terlampir

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Jawaban:
Yth Bapak Rahmat,
Lahan untuk rumah ini tergolong cukup luas dengan muka lahan yang lebih lebar dari pada sisi kedalamnya, karena itu bagian muka harus lebih diperhatikan karena faktor yang luas tersebut. Terlebih pada sisi bagian depan juga menghadap ke arah sinar matahari sore sehingga sebaiknya juga diolah agar dinding terbayangi oleh semacam alat pembayang (shading device). Alat pembayang ini bisa berupa kisi kisi seperti pada contoh desain ini. Adanya kisi kisi diharapkan bisa memberi pembayangan yang dibutuhkan untuk meredam panas matahari sehingga ruang ruang yang terkena sinar matahari akan dapat terbayangi.

Untuk sebuah rumah yang memanjang kita harus berpikir sesuai dengan pola yang ada pada lahan tersebut ruang ruang juga diatur menurut logika memanjang. Dalam hal ini ruang ruang di lantai 1 terbagi menjadi area penunjang yaitu musholah, kamar mandi dan kamar pembantu, serta ruang ruang yang digunakan oleh penghuni rumah yaitu kamar tidur, dapur, ruang keluarga, ruang makan dan ruang tamu. Sedangkan di lantai 2 penataan lebih sederhana yaitu adanya 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak.

Lahan awal.

Secara umum tampilan untuk rumah memanjang, yang diperhatikan disainnya agar sesuai dengan pola memanjang tersebut sebenarnya memiliki potensi untuk tampil secara cukup atraktif karena lebar muka dapat diolah menjadi lebih menarik. Adapun tentang pertanyaan bapak mengenai perbedaan ketinggian antara ujung belahan kiri dan kanan setinggi setengah meter menurut saya tidak akan berpengaruh terlalu banyak pada desain rumah pada saat pembangunannya. Hal ini karena biasanya perbedaan ketinggian setengah meter dapat diatasi dengan menggunakan cut and fill (potong dan urug) dalam mengolah lahan tersebut. Juga karena rumah biasanya memang ditinggikan lebih dari setengah meter untuk mengantisipasi apabila jalan depan dinaikkan atau ada potensi banjir. simak videonya berikut ini:

Demikian semoga desain ini bisa membantu Bapak.

Salam,
Probo Hindarto

*) keterangan:
Karena denah lahan yang sedikit berbeda ukuran, maka desain ini harus disesuaikan dengan kondisi lapangan, dimana biasanya memang sebuah desain harus disesuaikan kondisi luas atau ukuran lahan yang sedikit berbeda. Hal ini adalah wajar.

——————————————————–

Desain ini muncul di Koran Sindo edisi Rabu,
desain ini dapat Anda beli.
(desain ini dihasilkan dari desain gratis via media, dan kami tidak pernah menjual desain yang dihasilkan dari konsultasi profesional)

Bila Anda memiliki lahan yang sesuai, bisa membeli desain ini, adapun dokumen yang Anda dapatkan antara lain:

Dokumen Gambar kerja


 


 

(Ilustrasi dari format yang sama, proyek lain)

berisi:
– Denah
– Tampak depan, samping
– Potongan jumlah disesuaikan dengan tingkat kesulitan
– Rencana pondasi
– Rencana atap
– Rencana pembalokan (bila ada)
– Rencana sanitasi (air bersih dan kotor)
– Rencana perletakan peralatan listrik
– Rencana perletakan kusen
– Detail kusen (hingga per kusennya digambar)
– 3Dimensi desain bangunan (tampilan depan)
– Perspektif rencana perletakan perabot
– Sudah termasuk desain interior untuk ruang tamu dan ruang keluarga

bentuk dokumen: print out A3, dokumen digital PDF.
harga desain: Rp 3,7jt

Tentunya desain perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi lahan Anda, dengan memiliki gambar kerja, maka pekerjaan pembangunan akan lebih terencana dan rapi hingga ke detailnya.

Cara memesan:
1 SMS atau whatsapp ke 08125244753
atau email ke astudioarchitect.com@gmail.com dengan subyek 
“beli desain rumah 011”
2 selanjutnya akan kami pandu untuk proses pembelian dan nomor rekening Mandiri/BCA.

___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tags generated:
Desain rumah, desain rumah minimalis, desain rumah dijual, beli desain rumah, arsitek, arsitek Indonesia, Arsitek Muda Indonesia, Arsitek Jakarta, Arsitek Bandung, Arsitek Bogor, Arsitek Malang, Arsitek Surabaya, Arsitek Bali, rumah dinding bambu, lanskap mengunakan kayu pallet, pondasi rumah, arsitektur modern indonesia, bangunan baja, bentuk rumah di lahan 6×12 m, buat motorhome indonesia, cara membuat kitchen set sendiri berbahan papan kayu, denah rumah 9×8, lampu halogen putih, arsitek, rumah minimalis, lounge room living room, furniture cafe, retail shop, hospital, restaurant, apartemen, hotel, room office, studio, insulation, stand pameran, kontraktor interior design, rumah rumah minimalis, jasa desain interior : bedroom kitchen set, desain rumah, denah rumah, rumah denah, desain denah rumah, denah desain rumah, gambar rumah, design rumah, rumah model, model rumah, design gambar rumah, gambar design rumah, desain rumah minimalis, denah rumah minimalis, arsitektur rumah, rumah arsitektur, foto design rumah, interior design, green architecture, arsitektur nusantara, arsitektur modern, arsitektur hijau, budi pradono, rumah kindah, r house, indonesia, andra matin, arsitektur, design, desain, house, architecture, jakarta, wishnutama, menarik, unik, tips, revolusi media, dsign, furniture, handcraft, netmediatama, netmedia, net media, net tv, net, trip, eskursi, mini, indonesian, gunadarma, universitas, interior, architect, rumah, home, yu sing, paulus mintarga, popo danes, ary indra, mamo, budi faisal, ridwan kamil, eko prawoto, galih widjil pangarsa, desain, rumah minimalis, rumah, arsitektur, indonesia, interior, rumah 2015, ide, dekorasi rumah, ide rumah, rumah minimalis modern, mendesain rumah, desain interior, desain interior rumah mungil, desain interior rumah idaman, desain interior rumah minimalis modern, desain interior rumah minimalis 2 lantai, desain interior rumah minimalis type 36, desain interior rumah sederhana, desain interior rumah, desain interior rumah minimalis, desain rumah kecil, minimalis, home design, ide desain, disain rumah minimalis, desain minimalis, rumah modern, rumah mewah, rumah sederhana, properti, real estate, ide minimalis, desain rumah, astudio, etnik, tropis, klasik, furniture, handcraft, rumah minimalis, desain rumah minimalis, interior rumah minimalis, denah rumah minimalis, gambar rumah minimalis, rumah idaman, design rumah minimalis, model rumah minimalis, desain rumah, wajar, seperti, modern, minimalis, konsep, dengan, mungkin, senyaman, rumahnya, menghadirkan, lidya, yeyen, artis, jika, apa, maka, beraktivitas, seharian, setelah, lelah, dan, penat, melepaskan, untuk, persinggahan, tempat, merupakan, rumah, desain ruang tamu, desain kamar mandi, desain teras rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s