Membuat Jam dari Buku Bekas gaya Vintage [DIY weekend Project]


astudioarchitect.com Proyek akhir pekan ini sangat mudah untuk dibuat. Hasilnya adalah kita akan mendapatkan sebuah jam berbentuk buku yang sangat unik untuk diletakkan dimana saja, baik di kamar tidur ataupun di ruang keluarga, bahkan ruang tamu sangat cocok untuk menggunakan hasil dari proyek akhir pekan kita kali ini. Keseluruhan proyek akhir pekan ini pengerjaannya diperkirakan tidak akan lebih dari 1 jam. Anda bisa melakukannya kapan saja, Bahkan Di hari kerja. Yang di butuhkan hanyalah mesin jam dan sebuah buku tua dengan cover yang Anda gemari

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1 Pilihlah sebuah buku yang paling Anda sukai covernya. Dalam contoh ini adalah sebuah buku merah dengan penampilan yang tua atau istilah kerennya sekarang adalah gaya retro. Anda bisa mendapatkan buku semacam ini di toko buku bekas terdekat. Yang terpenting adalah cover buku sebaiknya merupakan hard cover. Anda bisa memilih apakah itu sebuah buku novel tua atau judul lain yang sekiranya terlihat unik.

2 Milikilah mesin jam dan jarum jamnya. 
Ini adalah gambar mesin jam yang bisa anda beli di toko hobby terdekat. Anda bisa membelinya juga di toko jam atau bahkan secara online. Kelebihan apabila membeli sendiri di toko jam adalah kita bisa memilih jenis jarum yang paling disukai.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
3 Buatlah sebuah lubang untuk mekanisme jam
Selain itu Buatlah lubang untuk mesin jam di bagian dalam tepatnya pada bagian halaman buku. Pada saat memperkirakan letak dari lubang Jangan lupa untuk mengukur agar jarum menit tidak menyentuh bagian dasar dari buku. Hal ini untuk mencegah mesin jam terhenti saat jarum jam terkena meja atau permukaan dibawah jam. Namun bila anda hendak menempelkan jam ini sebagai jam dinding, maka hal ini mungkin tidak masalah. Gunakan sebuah cutter dan penggaris untuk memotong bagian dalam buku.

4 pasanglah mesin jam dan jarum jam pada bagian depan buku
Langkah ini adalah langkah terakhir yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jam buku ini.
Selamat menikmati!

catatan
pembuat yang asli tidak menyertakan bagaimana agar halaman halaman buku tidak terbuka saat jam ini diletakkan di atas meja atau permukaan lainnya. Menurut saya Anda bisa menggunakan tali yang bagus seperti misalnya tali kulit atau tali sepatu yang bagus untuk mengikat buku ini agar halaman-halamannya tidak terbuka saat buku ini diberdirikan.

source
___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s