Membuat sendiri sofa kotak dari bahan multiplex / papan kayu


astudioarchitect.com Salam jumpa kembali disini saya akan memberikan tutorial Bagaimana membuat sofa dari bahan kayu lapis atau multipleks. Material kayu lapis ini banyak kita temui di toko bangunan dijual dengan harga antara 100 hingga 200 ribu. Dalam contoh ini sang pembuat memang menggunakan jenis yang bagus dari bahan construction wood, atau kayu jenis konstruksi. Tentunya lebih baik bila Anda bisa mendapatkan papan kayu yang lebih mendekati rancangan aslinya. Bila anda jeli sebenarnya bisa juga datang ke penjual kayu bekas untuk mencari kayu kayu sisa yang sesuai untuk proyek ini. Kayu bekas banyak dijual dengan berbagai ukuran, biasanya merupakan kayu bongkaran bekas kayu pelabuhan.

LEVEL keahlian: medium – advanced
(level pernah membuat atau punya pengetahuan / keahlian kayu)

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bila anda ingin melengkapi salah satu ruangan dengan sofa yang unik dan mudah dibuat ini bahan dan caranya sangat mudah untuk kita ikuti.

Bahan-bahan

– Pembuat asli menyarankan untuk membeli dulu dudukan dan sandaran sofa yang dibuat dari cushion (busa yang dibungkus kain) langsung jadi yang dibeli di toko. Saya sering melihat cushion seperti ini dijual di toko seperti Informa atau Ace Hardware. Pilihan kedua adalah membuat dahulu bagian sofa kayunya, kemudian baru memesan cushion dari pembuat cushion yang biasanya juga membuat jok mobil dan renovasi sofa. Anda juga bisa memesan cushion tersebut di penjual busa tempat tidur sambil memesan untuk langsung di bungkus dengan kain Oskar sesuai dengan ukuran yang anda inginkan.

– Untuk proyek ini pembuatan aslinya menggunakan kayu kayu konstruksi papan yang terpisah. Namun kita bisa menggunakan multiplex yang dipotong sesuai dengan ukuran, tentunya dengan memperhatikan sistem konstruksi dengan cara memakai double multipleks dan memperkuatnya dengan batang tegak lurus. Saya perkirakan proyek ini tidak menghabiskan lebih dari tiga lembar multiplex dengan ketebalan 18 mm. Untuk bersiap-siap tentang dana Anda bisa Googling harga multipleks.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Multiplex ini kemudian dipotong berdasarkan ukuran yang saya buatkan ini. Perhatikan bahwa di bagian dalam nantinya Anda harus memberi jarak antara multipleks untuk bagian belakang dan multiplex untuk bagian dudukan. Kurangi berdasarkan ukuran tebal multipleks yang Anda gunakan. Diagram dari pembuat aslinya bisa diunduh Disini, yang harus disesuaikan dengan ukuran multiplex besar yang dipotong kecil-kecil, bukan berdasarkan potongan-potongan yang sudah ada yang disatukan seperti dalam contoh.

– sekrup 3 inch
– sekrup 2,5 inch
– Penggaris
– Pensil
– Kertas amplas 120 dan 220
– Koran bekas
– Klem
– Politur kayu

– Anda disarankan untuk menggunakan mesin kayu seperti gaji mesin bor mesin dan juga mesin amplas

Cara membuat

1 potong potong multiplek sesuai dengan ukuran

Untuk ukuran Anda bisa menggunakan ukuran yang saya sarankan sebagai berikut atau menginterpretasikan sendiri berdasarkan diagram yang dibuat oleh pembuat aslinya

(klik untuk memperbesar gambar)

2 amplas seluruh permukaan kayu multiplex


Proses Amplas yang ringan untuk permukaan multipleks sebelum disatukan

3 bila anda menggunakan kayu-kayu potongan maka Saatnya untuk menyatukan kayu-kayu tersebut menjadi potongan yang besar. ( namun bila anda menggunakan multiplex dengan ukuran besar maka langkah ini tidak ada digantikan dengan memotong multiplex sesuai dengan ukuran yang besar tersebut, untuk lebih kuatnya multipleks bisa dibuat double, dan diperkuat lagi dengan batang kayu di salah satu permukaannya)


beri ukuran untuk membuat sambungan biskuit (cek caranya dalam video pembuatan).


membuat lubang untuk sambungan biskuit


beri lem untuk sambungan biskuit


beri pen kayu dan sambungkan


klem pada kedua sisi dan biarkan hingga 20 jam.

4 pasang bingkai bawah yang akan digunakan sebagai tatakan tempat duduk


pasang menggunakan sekrup 3 inch

5 satukan semua potongan-potongan sofa yang ada

Dimulai dari potongan-potongan besar yang ada bingkainya. Caranya adalah dengan memakai baut untuk menyatukannya. Sebagai tambahan untuk kekuatan gunakan bracket L di bagian dalam.

6 pasang daun sofa dudukan atau bagian bawah dudukan pada frame yang tersedia.

7 penyelesaian finishing


Lapis bagian kayu sofa dengan kayu dengan tingkat gradasi / kepekatan warna yang disesuaikan dengan selera anda. Anda bisa menggunakan plitur yang dan bening atau politur dengan warna yang lebih pekat.

8 Tambahkan cushion dan bantal

Sofa baru anda sudah selesai dibuat!  Yuk kita buat akhir minggu ini. Memanggil tukang kayu dan meminta membuatkannya untuk Anda mungkin sangat mudah, tapi membuat sendiri tentu lebih menantang!

via
___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s