Tips menata ruang workshop rumahan


astudioarchitect.com Saat ini makin banyak orang menyukai memiliki sebuah workshop untuk bekerja dengan kayu atau material lain di dalam rumah, entah itu memperbaiki furniture atau bahkan membuat berbagai karya furniture atau kerajinan rumah tangga. Terutama bagi para suami yang membutuhkan tempat untuk membetulkan barang-barang rumah tangga pada saat diperlukan. Ini juga berkaitan dengan hobi atau satu kebutuhan akan tempat berkarya.  ruangan seperti ini biasanya berisi mesin-mesin yang dibutuhkan untuk bekerja di rumah seperti mesin kayu atau mesin besi. Contoh mesin seperti mesin jigsaw atau gergaji, mesin amplas,  mesin bor dan sebagainya. Benda-benda kecil untuk bekerja dengan kayu atau besi juga dibutuhkan seperti sekrup, paku dan peralatan tangan.

Photo source: diyncrafts

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dari segi desain interior atau arsitekturnya, kita selalu membutuhkan beberapa fasilitas untuk ruangan seperti ini, diantaranya adalah rak penyimpanan atau kabinet penyimpanan yang cukup banyak. Selengkapnya untuk kebutuhan sebuah ruang workshop adalah sebagai berikut;

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
1  lokasi dan ruangan
Lokasi dari sebuah workshop di dalam rumah sebaiknya terpisah dari ruang-ruang yang lain karena debu, bau dan polusi suara bisa saja mengganggu ruang-ruang yang lainnya. Seringkali ruang workshop berada di dalam garasi atau di ruang bawah tanah, namun bisa saja bila mencukupi ruangan ini disetting sebagai sebuah ruangan tersendiri yang terpisah dari rumah utama, dan bisa juga disatukan dengan gudang.

2 penyimpanan
Penyimpanan sangat dibutuhkan agar semua barang tetap terorganisasi dengan baik. Misalnya seperti penyimpanan untuk menyimpan ban atau roda, atau penyimpanan sekrup dan barang lain yang kecil. Dalam ruangan seperti ini seringkali orang menggunakan kaleng kaleng dan kotak kotak untuk menyimpan dan organisasikan barang-barang. Boleh-boleh saja, yang terpenting bahwa kaleng dan kotak itu juga bisa diletakkan pada tempat yang terorganisasi didalam rak-rak tertentu.  akan lebih baik bila kita juga menggunakan penyimpanan macam toolbox yang bisa dengan mudah dipakai mengorganisasikan benda-benda yang kecil.


Photo by mtneer_man on Flickr, CC lisence

3 soket listrik yang cukup
Berbagai peralatan membutuhkan suplai listrik, sehingga di dalam sebuah workshop seperti ini harus ada outlet listrik sesuai dengan jumlah dan kebutuhan dari peralatan yang kita pakai. Biasanya peralatan listrik juga menyedot banyak daya sehingga kita juga musti memikirkan berapa daya atau watt di rumah kita, apakah cukup untuk menyalakan peralatan listrik seperti gergaji listrik atau bor listrik. Banyak peralatan yang membutuhkan daya lebih dari 1000watt, namun bila pintar memilih, ada juga peralatan tangan (handtool) yang wattnya lebih kecil. Pikirkan juga untuk menggunakan soket listrik yang tergantung, karena beberapa jenis mesin akan lebih aman menggunakan jenis soket listrik menggantung, misalnya gergaji listrik.

4 sebuah atau tempat mencuci tangan dan peralatan
mungkin sangat dibutuhkan. Ini akan membantu pada saat atau setelah bekerja dalam membersihkan tangan atau kaki atau peralatan yang bisa dicuci.

5 pencahayaan yang baik


Photo by Jon Lesser on Flickr, CC lisence

Karena bekerja di workshop biasanya dilakukan dari pagi hingga sore hari dan jarang untuk dipakai pada malam hari maka pencahayaan yang sifatnya pencahayaan alami dari pantulan sinar matahari sebaiknya ada. Ini mesti dipikirkan terutama bila berada di lantai basement. Untuk semi basement di mana basement masih menyisakan ketinggian untuk dipakai sebagai jendela tempat masuknya cahaya matahari, akan sangat membantu pencahayaan di waktu siang hari. Terlepas dari itu sebuah workshop yang baik tetap harus memiliki pencahayaan dari lampu yang cukup.


Photo source: diyncrafts

Saat bekerja di dalam sebuah workshop seringkali kita juga membutuhkan musik atau semacamnya. Saat bekerja dengan file tertentu Kita juga membutuhkan laptop. Pendeknya kita perlu untuk merencanakan segala hal saat membuat website pribadi di dalam rumah. Terlebih Bila memang Anda memiliki hobi untuk membuat benda-benda atau memperbaiki sendiri peralatan di dalam rumah anda. Bahkan ruang seperti ini bisa jadi surga yang paling nyaman untuk kaum Adam.

Anda bisa menyimak berbagai cara untuk membuat benda benda melalui menu DIY atau Do It Yourself dalam website ini.

___
by

Arsitek Probo Hindarto
081 252 447 53
© Copyright 2015 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s