Contoh pintu yang berfungsi ganda sebagai jendela


astudioarchitect.com Bila pintu atau jendela memiliki ruang terbatas, kita bisa mencoba cara ini. Contoh pintu jendela ini dari salah satu proyek terbangun kami dimana merupakan sebuah pintu yang bagian atasnya berfungsi sebagai jendela. Terdapat dua bagian atas dan bawah, dimana bagian atas merupakan jendela, dan bagian bawah sebagai pintu. Bila ditutup semua, terkesan seperti pintu dengan jendela kaca seperti biasa, namun bila dibuka bagian atasnya, akan terlihat fungsinya sebagai jendela.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Gerendel atau pengunci memakai jenis Rambuncis, yang berguna untuk mengunci sekaligus sebagai pegangan (handle) daun jendela bagian atas.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Bagi Anda yang ingin menghemat biaya pembuatan pintu dan jendela, cara ini cukup tepat digunakan. Pada kasus bangunan ini, merupakan sebuah kamar kos sehingga desain pintu jendela cukup efektif dari segi biaya, serta tepat guna untuk kebutuhan kamar kos dengan ukuran 2,8×3,5m ini.

Ketika daun jendela membuka, ‘ditangkap’ oleh penghenti pintu ‘door stopper’ yang dipasang di bagian atas sehingga daun jendela tidak berbunyi dan membentur tembok. 

Inilah saat pintu jendela berfungsi jendelanya ketika dibuka bagian atasnya. 

Bagian bawah, berfungsi seperti pintu biasa dengan pegangan / handle biasa. 

Ini saat semua bagian dibuka. 

Penampakannya dari bagian luar

______________________________
by

Arsitek Probo Hindarto
© Copyright 2014 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan komentar