Sistem dinding styrofoam + wiremesh kawat pengganti dinding konvensional


astudioarchitect.com Setelah memuat artikel tentang struktur dinding styrofoam dengan penguat wiremesh kawat besi dalam artikel ini, pada kesempatan berkunjung ke Indobuildtech tempo bulan saya mendapati penyedia panel konstruksi styrofoam ini. Booth M-Panel ini cukup menyita perhatian dan pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung. Sistem yang tergolong baru ini merupakan sistem yang tidak baru, namun masih jarang yang menyediakan panel styrofoam pengganti dinding konvensional ini.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Teknik pemasangan M Panel dijelaskan lebih cepat dibandingkan dengan material konvensional dan secara struktural dapat menahan beban dan memiliki insulasi suhu dan suara yang baik. Dari informasi website MPanel menyebutkan bahwa material ini aman untuk kesehatan dan dapat mencegah tumbuhnya jamur dan mikroorganisme. 

Pada dasarnya sistem ini menggunakan styrofoam khusus sebagai bahan pengisi yang diklaim tidak dapat meneruskan api dan lebih kuat daripada styrofoam biasa, serta menggunakan wiremesh (rangkaian kawat) untuk dicor dengan beton. Wiremesh tersebut merupakan galvanized steel yang merupakan material tahan karat sehingga bila dicor tidak akan berkarat didalam. Pengecoran dilakukan di bagian luar dinding yang akan membuat komposit beton bertulang.  

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Inilah penampakan bagian dalam berupa styrofoam ditambahkan sistem wiremesh yang akan disemprot dengan mortar. Dari pondasi hingga ke atap bisa dibuat dengan sistem ini. Sistem ini sudah terbukti kuat sebagai sistem pengganti tembok bata konvensional. Sayangnya pada saat kami mendatangi booth ini kami belum mendapatkan informasi kontak untuk sistem yang menarik ini.

informasi yang dari website MPanel:

Sistem konstruksi MPANEL adalah berdasarkan serangkaian panel-panel EPS (Expanded Polystryene) dan jaring kawat baja yang di galvanized (agar tidak berkarat). Bentuknya telah didesain khusus untuk digunakan dengan plaster tradisional atau struktural (spritz beton) yang dilakukan setalah pemasangan panel di lokasi proyek.
MPANEL menyediakan sistem panel-panel modular siap pakai untuk pemasangan yang lebih cepat dibandingkan dengan sistem konvensional. Sistem MPANEL memenuhi fungsi struktural dan fungsi daya tahan beban, menawarkan daya tahan yang tinggi terhadap suhu dan kebisingan serta menyediakan beragam jenis bentuk dan model untuk memberikan fleksibilitas dalam penentuan desain.

Komponen dasar MPANEL :Polyfoam di bagian tengah. Bahan tersebut tidak beracun, tidak berbahaya, tidak mudah terbakar, dan tidak memiliki bahan kimia aktif. Bahan tersebut dapat didesain dengan kepadatan dan ketebalan yang berbeda tergantung daripada jenis panel yang akan digunakan. Density bervariasi mulai dari 15-35 kgf/m3, dengan ketebalan 40-320mm.
Jaring/net kawat baja yang telah di welding, terbuat dari kawat baja yang telah di galvanis yang diletakkan di kedua sisi panel polyfoam dan saling terhubung satu dengan yang lain nya. Diameter kawat yang digunakan bervariasi mulai dari 2,5 – 5mm, dengan kekuatan tarik >600MPa. 

Bahan bangunan ramah lingkungan saat ini sangat dibutuhkan untuk menjaga generasi masa depan yang menjadi tujuan mengurangi konsumsi energi agar terciptanya bumi yang nyaman. Penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terkendali dalam menempatkan pasokan energi membuat polusi udara, emisi gas rumah hijau semakin meningkat dan juga kualitas hidup menjadi beresiko.

Teknologi EPS : Bahan bangunan ramah lingkungan

Expanded Polystyrene System (juga dikenal sebagai EPS), pada kenyataannya adalah produk yang ramah lingkungan :
  • SAFE : tidak melepaskan zat-zat beracun dan berbahaya serta benar-benar tanpa efek samping. Tanpa bahan chlorofluorocarbons (CFC) atau hydrochlorocarbons (HCFC). Selanjutnya, karena tidak mengandung bahan organik, menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan jamur. Memiliki karakteristik mekanik dan termal untuk bangunan. Tidak mengalami kerusakan permanen jika terkena uap atau kelembaban.
  • Recycleable: tidak ada bahan limbah yang dihasilkan selama produksi dan proses produksi untuk MPANEL bertujuan untuk mengoptimalkan potongan, dan meminimalisir limbah. Setiap sisa EPS sisa daur ulang secara langsung di Pabrik Produksi.
  • NON-Toxic: Tidak menciptakan efek alergi dan tidak merusak kesehatan untuk mereka yang memproduksi atau mengerjakannya.
  • SELF-Extinguishing: EPS yang digunakan sebagai bahan MPANEL dapat meredam kebakaran, materialtidak menghasilkan api, juga tidak merambatkan kebakaran.

Biaya lingkungan dari hasil produksi Expanded Polystyrene sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah energi yang disimpan sebuah bangunan yang menggunakan produk MPANEL.

  • Energi bersih adalah energi yang tidak dikonsumsi.
  • Dengan teknologi dari MPANEL memberikan jaminan :
  • Struktur dengan isolasi suhu mulai dari fondasi dasar.
  • Dinding yang tersambung satu sama lain tanpa terputus dalam suatu konstruksi.
  • Penghapusan total penghantar panas.
  • Insulasi keseluruhan pada lantai dan atap pada intrados.
  • Dinding struktur, juga dengan lapisan isolasi ganda.
  • Saluran yang terisolasi didalam dinding panel.

Pencapaian yang diberikan dari sistem MPANEL:

  • Mengurangi pertukaran panas dengan bagian luar.
  • Hemat energi.
  • Pengurangan emisi CO2 dan lingkungan serta polusi atmosfer.
  • Manfaat bagi lingkungan
  • Penghematan dari segi ekonomi.

Sebuah isolasi suhu yang baik memungkinkan untuk membagi penggunaan energi dan emisi polusi yang dihasilkan dari sistem pemanas dan / atau AC.

Info Marketing 

Apartment Modern Golf Red Tower
Blok SR No.23 – Kota Modern
Tangerang 15117
Telp : 021-7071-7378 / 021-5578-0589
email : info@mpanelindonesia.com

______________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2012 astudio Indonesia.
All rights reserved.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s